Sunday, April 01, 2012

Operasi Tiroid pada Orang Tua Lebih Berisiko

Orang tua yang yang menjalani operasi tiroid menurut penelitian terbaru, lebih berisiko mengalami sakit serius pada jantung, paru-paru, dan komplikasi yang berhubungan dengan infeksi, daripada pasien muda.

Temuan ini menantang keyakinan yang selama ini muncul bahwa operasi tiroid (thyroidectomy) adalah operasi berisiko rendah bagi pasien berusia tua.

Para peneliti menganalisa data dari 7915 pasien di Amerika Serikat yang pernah menjalani seluruh atau sebagian operasi pengangkatan kelenjar tiroid. Risiko komplikasi sesudah operasi lima kali lebih tinggi pada pasien berusia 80 tahun ke atas, dan dua kali lebih tinggi pada pasien berusia 65 hingga 79 tahun, dibanding pasien muda.

Penelitian ini muncul di edisi Mei Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Selengkapnya lihat BeritaSatu.com 31 Maret 2012

1 comment:

Unknown said...

Selamat Malam Mbak..mama saya th ini (agustus nanti) berumur 55 th...krg lbh mau 2 th yang lalu habis dioperasi pengangkatan tumor ganas papiler tiroid..krn pakai BPJS atau knp...stlh operasi si dokter cm blg pengobatannya sdh selesai yaaga ada suruh check check apa..cm dbilang "klo nanti tengforokannya sakit atau trasa gimana gimana nnt drg lg aja ya k RS" lhah?? Sampai dgn detik ini mama baik2 aja..ga ada keluhan apa apa..mgkn krn mama ak org yg sangat SUPER CERIA...jd ga drasain apa apa..tp tetep hati ak ini yg anaknya deg deg'an�� tkut sekali mama ku kankernya idup lg n nyebar kemana mana...apa yg hrs ak lakukan ya...scan MRI?USG?atau apa yaa..dan jika ke RS Dharmais bs dgn BPJS tdk ya mba..(kali saja mb tau infonya) KTP mama KTP Bekasi tapinya..:( sy ingin memberikan yg terbaik untuk mama..memang umur ditangan Allah..hanya saja saya ingin berusaha menyembuhkan mama semaksimal mungkin..Terimakasih ya mbak sblmnya..maaf jd curhat panjang b ini d blog nya mbak...trimakasih sekali lagi^^ semoga mbak n keluarga sehat selalu..Aamiin