Saturday, September 06, 2014

Zat kimia yang mengganggu kerja tiroid

Here’s the latest article on some chemicals that may react as toxins and affect thyroid function. The chemicals are perchlorates (found in fireworks, tap water), polychlorinated biphenyls (industrial chemicals), dioxins, phytoestrogens (in soy proteins), pesticides, polybrominated diphenyl ethers (found in furniture wadding foam and carpet padding), plastics materials like bisphenol A and phthalates, perfluorooctanoic acid (used to make Teflon, food wrappers), fluoride and chloride, mercury, lead, aluminium, triclosan.

Waduh, banyak banget zat kimia berbahaya utk tiroid. Kalau harus menghindari semua, lah ya repot juga. 

Yg gue paling khawatir itu penelitian yg nunjukin bahwa bayi yg diberi susu formula berbasis soya punya tingkat TSH yg lebih tinggi dibanding bayi yg tak diberi susu soya. What? Anakku sejak bayi hingga usia 7 tahun selalu minum susu formula berbahan soya soalnya dia alergi susu sapi. Yaaa berdoa aja deh anakku tetap sehat.

2 comments:

Anonymous said...

Maaf Mba apakah saya bisa menghubungi Mba untuk sharing mengenai masa ah Kesehatan. Saya bisa menghubungi di mana? Terimakasih kasih

Nouratisha said...

Mba, Salam kenal. saya Bunga, pasien ca tiroid varian tall cell juga. Baru didiagnosis tahun ini. Bisa minta email atau pin bbmnya mba supaya lebih mudah komunikasi? Saya dan beberapa teman pasien ca tiroid sedang menginisiasi satu awareness project. Pingin diskusi lebih jauh dengan mba. Oia, saya bisa dihubungi di email bunga.ramadani@gmail.com

Thanks mba. Semoga sehat selalu ya :)