Monday, February 15, 2010

Pestisida Sebabkan Gangguan Tiroid - detikHealth

Pestisida Sebabkan Gangguan Tiroid
Vera Farah Bararah - detikHealth 15/02/2010

Omaha - Bahan-bahan kimia kembali menjadi penyebab gangguan kesehatan. Perempuan yang sering terkena paparan pestisida rawan terkena gangguan tiroid, yakni hormon yang mengatur keseimbangan dengan hormon lainnya.

Hormon tiroid banyak terdapat di leher. Gangguan ini kadang tidak berasa tapi ada juga yang mengalami tanda nyeri leher atau benjolan bengkak.

Gangguan tiroid menyebabkan kesulitan menelan, kelelahan, demam dan serak. Jika gejalanya terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme) dapat membuat diare, gugup, berkeringat, tremor, berat badan menurun. Sebaliknya, jika gejala terlalu sedikit hormon tiroid (hipotiroidisme) akan membuat tidak tahan dingin, sembelit, kelelahan.

Dr Whitney S. Goldner dan rekannya dari University of Nebraska Medical Center di Omaha melaporkan bahwa masalah kelenjar tiroid lebih umum terjadi pada perempuan dibandingkan dengan laki-laki.

Peneliti menemukan banyaknya bukti mengenai hubungan antara pestisida dan gangguan tiroid. Selengkapnya ada di http://health.detik.com/read/2010/02/15/111009/1299588/763/pestisida-sebabkan-gangguan-tiroid Atau artikel aslinya di http://www.reuters.com/article/idUSTRE61B54U20100212

HHmmmm.... Kalo dengar kata 'pestisida' aku teringat 'pembasmi hama tanaman'. Seingatku, aku sangat jarang terpapar pembasmi hama tanaman. Kecuali, jika yang dimaksud dengan 'pestisida' yang diteliti pada penelitian di Uni Nebraska itu juga meliputi 'pembasmi nyamuk'. Keluarga kami memang tidak bisa hidup tanpa Baygon, Hit, Morten dan teman2nya itu. Tidak jelas di dalam artikel ini apakah pembasmi nyamuk, kecoa dan tikus yang dipakai di perumahan juga termasuk agen yang mempengaruhi fungsi dan kerja hormon tiroid. Mari kita cari tahu...

No comments: