Monday, July 22, 2013

Radiasi penyebab kanker tiroid?

Apa sih penyebab kanker tiroid? Pertanyaan itu dahulu saya tanyakan ke dokter saya. Pertanyaan yang sama diajukan pada saya oleh keluarga dan teman saat tahu saya didiagnosa dengan kanker tiroid.

Dokter saya, seperti kebanyakan dokter yang sama baca di internet, bilang: belum ada penelitian yang secara tegas menunjukkan suatu hal tertentu sebagai penyebab kanker tiroid. Tapi beberapa hal dicurigai berperan mencetuskan kanker tiroid, dan beberapa jenis kanker lainnya, yaitu radiasi.

Nah, masih ingat berita2 koran menyusul tragedi tsunami yang meluluhlantakkan Jepang pada Maret 2011 lalu? Tsunami saat itu tidak saja meratakan rumah dan bangunan, tetapi juga merusak reaktor nuklir di Fukushima.

Ketika berita bocornya reaktor Fukushima mencuat, banyak orang mulai mengkhawatirkan dampak radiasi terhadap kesehatan manusia, baik yang tinggal di dekat reaktor maupun yang tinggal jauh dari Jepang. Di beberapa bagian negara Amerika Serikat, misalnya, sebagian masyakarat lokal sempat menghindari mengkonsumsi produk laut dari Jepang karena khawatir produk laut tersebut sudah terpapar radiasi.

Perkembangan terbaru dari lokasi reaktor nuklir Fukushima, yang dikutip oleh SHnews.co, menunjukkan bahwa otoritas kesehatan yang memantau kesehatan para pekerja, khususnya mereka yang bertugas membersihkan sisa-sisa kebocoran reaktor, memperkirakan sekitar 10% dari hampir 2,000 pekerja reaktor tersebut dikhawatirkan akan menderita kanker tiroid akibat paparan radiasi selama membersihkan reaktor bocor itu.

Saya pribadi percaya radiasi yang terpancar dari alat2 kesehatan dapat menyumbang pada timbulnya kanker tiroid. Tapi sejauh mana dan apakah radiasi merupakan faktor tunggal, atau harus disertai dengan kondisi yang sudah ada pada seseorang, penyebab kanker tiroid? Mari kita cari tahu dengan lebih banyak membaca :D

No comments: